Selasa, 23 Juni 2015

Pesan Tersembunyi pada film Minions

Sebenarnya memikirkan pesan tersembunyi pada sebuah film animasi yang sepertinya ditujukan buat kalangan anak-anak kesannya seperti orang kurang kerjaan. Namun saya tertarik untuk mencermati pesan tersembunyi pada salah satu film animasi yang sedang diputar filmnya di bioskop sekarang ini. Saya sendiri belum sempat nonton karena di tempat tinggal saya tidak ada bioskop. Saya cuma sempat menonton trailernya melalui video di internet.
Film Minions
Sebenarnya sebelum film ini, saya sudah sempat menonton 2 film yang juga menampilkan tokoh minion, yaitu Despicable Me dan Despicable Me 2. Berikut sedikit ringkasan cerita fil Despicable Me.
Sebuah piramida dicuri oleh seorang penjahat bernama Vector. Gru yang merasa tersaingi dalam memperoleh predikat penjahat terbesar di dunia tertantang untuk sesuatu yang lebih besar. Akhirnya dengan bantuan Dr. nefario dan para minionnya, Gru berencana untuk mencuri bulan. Karena itu dia berencana meminjam dana dari bank, namun ditolak karena tidak mempunyai senjata pengecil yang dibutuhkan dalam mencuri bulan. Untuk meyakinkan pihak bank, Gru berusaha mencuri senjata pengecil itu, namun dihalangi oleh Vector yang mengambil senjata tersebut dan menyimpannya di rumahnya yang mempunyai senjata pertahanan yang canggih. Gru yang selalu gagal menembus pertahanan rumah Vector untuk merebut senjata itu melihat tiga orang anak panti (Margo, Edith, Agnes) berhasil masuk rumah itu dengan mudah. Dia pun mengadopsi ketiga anak itu untuk dimanfaatkan mencuri senjata pengecil dari rumah Vector. Namun Gru yang awalnya hanya berniat memanfaatkan ketiga anak itu menjadi berubah seiring berjalannya waktu karena ketiga gadis kecil yang manis tersebut mengubah perilaku Gru yang SuperBad menjadi SuperDad. Di jalan cerita diselingi dengan aksi minion yang lucu dan kocak.

Dari menonton kedua film tersebut dan trailer film Minions, berikut beberapa yang saya temukan:
  1. Film ini diproduksi oleh Illumination Entertainment dan pada opening film secara terang-terangan bisa dilihat.
    Tampilan awal film Minions
    Illuminati adalah nama yang diberikan kepada sebuah kelompok rahasia pada Zaman pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei tahun 1776. Illuminati merupakan kepercayaan dimana pengetahuan adalah segala-galanya dan tidak ada lagi yang namanya misteri Tuhan karena semua ada jawabannya. Pengetahuan itu berpusat pada satu titik yang dilambangkan dengan mata. Dalam illuminati ada yang namanya Freemansory yang memiliki ritual pemujaan kepada the great architect dan mereka menyebutnya Fallen angel a.k.a Lucifer. Mata yang disebut sebagai The Whole seeing-Eye (mata Tuhan) atau biasa disebut Eye of Horus (legenda Mesir) merupakan simbol dari Lucifer.
  2. Simbol The Whole Seeing Eye terdapat pada beberapa karakter Minion.
    Karakter Minion yang mempunyai mata satu
    Minion dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan pelayan atau anak buah. Di dalam film Despicable Me, para minion merupakan anak buah tokoh Gru dan mereka sangat setia kepadanya. Karakter minion dibuat lucu dan menarik bagi anak-anak, dengan warna kuning cerah dan bahasa aneh yang dibuat untuk memberi kesan lucu jika mendengarnya.
  3. Karakter minion yang diceritakan merupakan makhluk abadi yang ada sejak sebelum zaman dinosaurus sampai zaman sekarang.
    Para Minion yang dipimpin oleh Dinosaurus
    Dari trailer pertama yang saya lihat di You Tube terlihat bahwa minion selalu mencari pemimpin dari tokoh-tokoh jahat (meskipun pada akhirnya pemimpin tersebut mati karena ulah minion itu sendiri). Mulai dari dinosaurus, Dracula, Firaun, Napoleon sampai akhirnya bertemu dengan Gru, tokoh penjahat pada film Despicable Me. Jadi dengan karakter yang merupakan anak buah dari penjahat namun dibuat untuk terkesan lucu dan menggemaskan, nantinya anak-anak (atau bahkan orang dewasa) secara tidak sadar akan menyukai atau mengidolai karakter yang sebenarnya merupakan tokoh jahat.
  4. Judul film Despicable Me yang dalam terjemahan Bahasa Indonesia artinya Tercelanya Diriku.
    Film Despicable Me
    Dari filmnya sendiri terlihat bahwa judul tersebut untuk menggambarkan karakter Gru yang diceritakan sebagai tokoh jahat, bahkan tega memanfaat anak-anak dengan berpura-pura mengadopsinya untuk menjalankan rencana jahatnya. Namun dengan menyebutkan judul ini, kita menjadi seakan-akan menyatakan bahwa diri kita tercela/keji tanpa kita menyadarinya.
  5. Adegan pencurian piramida pada awal film Despicable Me.
    Piramida dengan The Whole Seeing Eye
    Kadang saya berpikir, mengapa harus piramida yang dicuri. Ada banyak benda lain yang bisa dicuri, misalkan Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, bahkan kalau perlu Candi Borobudur sekalian. Mungkin karena Piramida adalah simbol yang mewakili kepercayaan mereka dari legenda Mesir, Lucifer. Eye of Horus berada di puncak Piramida. Filosofi bentuk piramida itu sendiri mempunyai arti di setiap struktur dan hirarkinya. Piramida atau bentuk sederhananya segitiga ini juga sering ditemukan di kehidupan sehari-hari, misalnya pada uang kertas Dollar Amerika, acara TV/film anak-anak dan maskot Olimpiade 2012 di London dengan mata satu dan latar belakang bentuk segitiga/piramida.
  6. Karakter Dr. Nefario pada film Despicable Me.
    Dr. Nefario
    Dr. Nefario merupakan ilmuwan kepercayaan Gru yang biasa diminta untuk membuat senjata atau peralatan yang dibutuhkan oleh Gru. Karakternya yang sering salah kaprah dalam menerima permintaan Gru menjadi salah satu kelucuan dalam film ini. Namun kata Nefario itu sendiri atau Nefarios  dalam bahasa Inggris dan  Nefarius dalam bahasa Latin jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti kejahatan, jahat, penuh dosa atau terjemahan bebasnya perbuatan jahat yang melanggar hukum Illahi. Jika dihubungkan dengan karakter Gru akan ditemukan kecocokan, yaitu sama-sama jahat.
  7. Bank of Evil.
    Bank of Evil
    Pada film Despicable Me diceritakan bahwa Gru ingin meminjam uang pada Bank of Evil untuk keperluan proyek mencuri bulan. Dari sini terlihat bahwa pembuat film terkesan ingin melekatkan kesan jahat hampir pada seluruh elemen film. Kembali pada bank pada film tersebut, jika dilihat lebih detail lagi di bawah tulisan Bank of Evil terdapat tulisan kecil berbunyi Formerly Lehman Brothers (Bekas Lehman Brothers). Lehman Brothers adalah sebuah perusahaan jasa keuangan global yang  sebelum menyatakan kebangkrutan pada tahun 2008 merupakan bank investasi terbesar keempat di Amerika Serikat setelah Goldman Sachs, Morgan Stanley dan Merrill Lynch. Pada tanggal 15 September 2008, perusahaan mengajukan perlindungan kebangkrutan menyusul eksodus besar-besaran sebagian besar klien, kerugian drastis dalam sahamnya dan devaluasi aset oleh lembaga pemeringkat kredit. Pengajuan kebangkrutan Lehman adalah yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat dan diperkirakan telah memainkan peran utama dalam penyingkapan krisis keuangan global akhir tahun 2000-an.
    Ketika Amerika dan negara-negara Eropa lainnya dilanda krisis ekonomi, Lehman Brothers dianggap sebagai penyebabnya. Seakan-akan penulis Despicable Me mencoba menyindir Lehman Brothers sebagai penyebab banyaknya pengangguran di Amerika dan Eropa dan kini dinamakan Bank of Evil. Beban yang ditanggung oleh warga Amerika digambarkan melalui patung-patung pada tiang sepanjang koridor Bank of Evil.
  8. Karakter Gru pada film Despicable Me.
    Aleister Crowley dan Gru
    Gru adalah seorang penjahat yang kemudian berubah menjadi ayah yang baik bagi ketiga putri angkatnya. Tokoh yang sebelumnya adalah Super Bad menjadi Super Dad. Penggambaran karakter Gru ini sangat mirip dengan Edward Alexander Crowley atau Aleister Crowley (12 Oktober 1875 - 1 Desember 1947). Crowley adalah seorang pesulap mistik, pendiri agama Satanisme, sex menyimpang, pemakai narkoba, penyair dan pendaki gunung yang juga dikenal sebagai Frater Perdurabo dan The Great Beast 666. Oleh media massa Inggris disebut The Wickedest Man in the World atau "Manusia Paling Jahat di Seluruh Dunia” karena kegemarannya pada seks magis, narkoba, dan hedonisme. Benar-benar tokoh negatif dan selaras dengan karakter Gru yang seorang penjahat.
  9. Logo Gru berbentuk huruf G merupakan gubahan dari lambang freemason, yaitu perkumpulan yang bergerak dalam nama Illuminati.
    Logo Freemason dan Gru
    Logo freemason yang disusun dari jangka dan penggaris dengan huruf G di tengahnya sangat identik dengan logo G yang dalam film Despicable Me bisa dipastikan merepresentasikan karakter Gru. Namun jika dilihat lebih jauh, logo Gru ini berbentuk seperti  mata satu, The Whole seeing Eye atau Eye of Horus.
Nah, dari beberapa hal yang dibahas di atas, mungkin kesannya dilebih-lebihkan. Bisa saja sebenarnya pembuat film hanya sekadar ingin membuat sensasi seperti film animasi Pixar yang sering memunculkan karakter film satu di film yang lainnnya atau dengan selalu memunculkan angka A113 di setiap filmnya. Tapi apa pun itu, kita harus tetap berhati-hati dari segala niat atau pengaruh buruk yang bisa saja dibawa oleh pembuat film untuk penontonnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar